Cara Melihat Insight TikTok untuk Tingkatkan Engagement Akun

3 min read

Cara Melihat Insight TIkTOk untuk Tingkatkan Engagement Akun

Cara melihat insight TikTok adalah hal yang wajib kamu ketahui untuk menentukan tingkat engagement dan evaluasi terhadap unggahan konten. Selain itu, tools analisis TikTok ini juga sangat penting, lho untuk meningkatkan performa brand atau akun TikTok terutama bagi kamu yang mengelola akun TikTok Shop.

Seperti yang kita ketahui, saat ini TikTok adalah platform media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia. Atas dasar ini lah mengapa analisis insight sangat berpengaruh terhadap postingan konten video di TikTok. Lantas, bagaimana cara melihat insight video TikTok? Yuk, simak dalam artikel ini!

Apa itu Insight TikTok?

Sebelum masuk ke cara melihatnya, bagi yang belum tahu, simak terlebih dahulu apa itu Insight TikTok. Insight Tiktok adalah sebuah tools menu yang berfungsi sebagai media analisa dan evaluasi terhadap interaksi audiens pada sebuah konten video TikTok.

Dalam tools ini, kamu bisa melihat jumlah interaksi audiens terhadap konten, dan jumlah akun yang mengunjungi profil TikTok kamu. Selain itu, tools ini juga berfungsi untuk memonitor aktivitas kunjungan tautan link eksternal yang menuju ke sebuah situs marketplace, atau situs belanja online yang kamu kelola.

2 Cara Melihat Insight TikTok dengan Mudah 

Langsung saja, ini dia dua cara melihat insight video TikTok dengan mudah, untuk tingkatkan brand awareness dan evaluasi konten:

1. Cara Melihat Insight TikTok dengan Tools Exolyt

TikTok Insight dapat kamu lihat dengan menggunakan sebuah tools tambahan yaitu Exolyt. Pada dasarnya, banyak website yang menyediakan tools analytic TikTok secara gratis. Namun, Exolyt adalah website analytic TikTok paling sederhana dengan tampilan easy to used. Ikuti langkah berikut ini:.

  • Pertama, buka browser pada ponsel atau perangkat komputer.
  • Kunjungi website resmi Exolyt.
  • Login atau registrasi akun pada website tersebut.
  • Jika sudah, kemudian silahkan masukan username akun Tiktok kamu.
  • Setelah itu, kamu bisa melihat tampilan pop-up insight akun dan menganalisa konten TikTok di dalamnya.

2. Cara Melihat Insight dengan Menjadi Akun TikTok Pro

Cara melihat insight TikTok kedua adalah dengan merubah jenis akun menjadi akun TikTok Pro. TikTok Pro merupakan jenis akun TikTok yang berfungsi secara lengkap dengan berbagai fitur dan tools creator di dalamnya. Untuk merubah akun TikTok biasa menjadi TikTok Pro, ikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok.
  • Masuk ke menu Profil.
  • Kemudian, pilih opsi Privacy and Settings, lalu pilih Manage Account.
  • Setelah itu, pilih menu Switch to Business Account untuk merubah jenis akun menjadi TikTok Pro.
  • Isi data kreator, dan tunggu prosesnya selesai.

Nah, jika kamu sudah terdaftar dan beralih ke akun TikTok Pro, maka kamu sudah bisa melihat dashboard analytics TikTok kamu. Untuk melihatnya, ikuti langkah berikut ini:

  • Masuk ke menu Profil TikTok.
  • Pilih menu Pengaturan yang berupa tiga titik sejajar di bagian pojok kanan atas.
  • Kemudian, pilih opsi Creator Tools, dan silahkan pilih menu Analytic.
  • Nah, pada menu ini, kamu bisa melihat insight video, dan akun TikTok kamu secara keseluruhan.

Cara Meningkatkan Insight TikTok agar Selalu FYP

Nah, setelah mengetahui tentang cara melihat insight TikTok, tentu kamu penasaran, bagaimana tools ini bisa meningkat dengan cepat, agar mendapatkan engagement dari unggahan konten. Daripada penasaran, langsung saja ini dia dia cara meningkatkan engagement insight dengan cepat dan mudah:

1. Buat Ide Konten yang Unik

Cara agar konten selalu FYP, adalah dengan membuat ide konten yang unik. Saat ini, banyak sekali ide konten TikTok yang sedang viral yang bisa kamu coba. 

Selain itu, bagi jenis akun bisnis yang mengelola TikTok Shop, pembuatan konten unik dan menarik adalah yang wajib. Hal ini bertujuan agar brand account yang kamu kelola lebih dikenal audiens lewat unggahan konten tersebut.

2. Buat Hashtag yang Menarik

Jika kamu mengetahui cara melihat insight TikTok, maka kamu dapat menganalisis unggahan konten dan menentukan kualitas dari konten tersebut. Dari analisis inilah kamu bisa menentukan hashtag yang sesuai dengan brand yang kelola di TikTok Shop agar brand tersebut terlihat menarik di mata para audiens.

Selain itu, hashtag juga berfungsi sebagai identitas brand. Dari hashtag inilah nantinya orang-orang bisa mencari brand atau produk yang kamu jual di TikTok Shop, melalui fitur pencarian.

3. Kolaborasi dengan TikTokers Viral

Cara meningkatkan engagement TikTok selanjutnya agar konten selalu FYP, bisa juga kamu lakukan dengan cara berkolaborasi dengan TikTokers atau content creator yang sedang viral.

Kolaborasi ini bahkan sangat bermanfaat terlebih lagi bagi kamu yang masih awam dalam pengelolaan akun TikTok Shop. Selain itu, dari kolaborasi inilah nantinya kamu bisa mendapat engagement lewat interaksi audiens terhadap postingan konten kolaborasi tersebut.

4. Unggah Konten secara Konsisten

Terakhir, kamu perlu mengunggah konten di TikTok secara konsisten. Ketika akun yang kamu kelola sudah mulai mendapat engagement dari audiens, tentu saja audiens tersebut selalu menanti unggahan konten dari akun kamu.

Maka dari itu, lakukan unggahan konten secara konsisten supaya audiens terus bisa berinteraksi, dan konten kamu pun dapat terus tampil dalam FYP TikTok.

Sudah Paham Cara Melihat Analytic TikTok?

Nah, itu dia cara melihat insight TikTok dengan mudah. Pada intinya, fitur analytics ini adalah sebuah tools analytics yang berfungsi menganalisa dan mengevaluasi konten agar selalu tampil dalam FYP pengguna TikTok. Selain itu, kamu juga harus bisa membuat konten yang menarik dan konsisten agar akun kamu mendapat engagement tinggi dari platform media sosial ini.