Mengenal Apa Itu Engagement Rate dan Cara Menghitungnya

3 min read

Mengenal Apa Itu Engagement Rate dan Cara Menghitungnya

Engagement rate adalah istilah paling umum yang berkaitan dengan perhitungan konten di media sosial. Untuk kamu yang pekerjaannya berkaitan dengan konten promosi, khususnya di Instagram dan Facebook, simak pembahasan mengenai engagement rate dan cara menghitungnya berikut ini!

Apa Itu Engagement Rate (ER)?

Engagement rate adalah sebuah metrik yang bekerja mengukur interaksi audiens terhadap sebuah konten yang kamu unggah di media sosial, seperti Instagram, TikTok, atau Facebook.

Matriks ini akan menunjukkan tercapai atau tidaknya target sebuah konten yang kamu unggah, khususnya konten-konten yang berkaitan dengan promosi bisnis atau pekerjaan yang berkaitan dengan media.

Orang-orang yang harus memahami perhitungan engagement rate adalah para influencer, marketer, content creator, dan admin sosial media. Sebab, pekerjaan mereka sangat berhubungan dengan membuat dan mengunggah konten di media sosial.

Hasil dari perhitungan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui apa kebutuhan para audiens berdasarkan interaksi mereka dengan beberapa konten yang sudah diunggah.

Contoh, konten edukasi dalam bentuk video ternyata mendapat likes dan komentar lebih banyak ketimbang konten edukasi dalam bentuk foto. Hasil ini juga akan bantu kamu dalam mengevaluasi sebuah konten supaya lebih baik.

Apa Saja Indikator untuk Mengukur ER?

Tinggi atau rendahnya ER tidak hanya bergantung pada jumlah followers. Ada berbagai indikator yang akan mempengaruhi jumlah persentase ER dari sebuah konten atau unggahan di media sosial.

Indikator perhitungannya meliputi beberapa macam, mulai dari jumlah likes, komentar, sharing, durasi membaca untuk jenis konten artikel, dan bahkan Call to Action (CTA) atau tindakan sesuai dengan perintah di dalam konten.

Menurut sebuah riset, masing-masing media sosial memiliki rate perhitungan yang berbeda. Misalnya, engagement rate untuk Instagram sebesar 1,6%. Sedangkan untuk Facebook sebesar 0,09%.

Nah, dari hasil riset tersebut menunjukkan bahwa media sosial Instagram lebih populer dan memiliki peran penting terhadap konten-konten yang akan kamu unggah nantinya. Saat ini, Instagram juga sudah menjadi platform media sosial yang mendukung kepentingan komersil, baik individu atau perusahaan.

Cara Menghitung Engagement Rate

Kamu bisa menghitung engagement rate dengan mengikuti beberapa rumus yang sudah ada. Berikut beberapa cara menghitung sebanyak apa interaksi audiens terhadap konten-konten milikmu menggunakan rumus engagement rate:

1. ER Post

Jika kamu ingin mengukur persentase atau jumlah interaksi untuk sebuah posting-an, kamu bisa menggunakan rumus ER Post. Rumus untuk menghitung jumlah interaksi dalam satu unggahan atau posting-an yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut:

ER Post= (Jumlah engagement dalam posting-an:Jumlah followers)x100%

Dengan rumus engagement rate di atas, kamu sudah bisa menghitung sebuah posting-an di berbagai macam platform, seperti Instagram dan TikTok. Dengan rumus di atas, kamu juga bisa membandingkan jumlah persentase masing-masing posting-an.

Dari hasil perbandingan ini, kamu akan menemukan mana posting-an yang paling tinggi persentase ER-nya dan mana posting-an yang jumlah ER-nya rendah.

2. ER Reach

Seperti namanya, kamu bisa menggunakan rumus ERR untuk menghitung jumlah persentase orang atau audiens, baik followers atau bukan yang memberikan interaksi terhadap konten milikmu. Berikut rumus untuk menghitung ERR di media sosial milikmu:

ERR= (Jumlah engagement per post atau unggahan:Jumlah reach per post)x100%

3. ER Impression

Impression merupakan istilah untuk menunjukkan seberapa sering konten yang kamu unggah tampil di layar audiens. Impression ini juga memiliki peran penting bagi para konten kreator, influencer, dan para digital marketer

Jumlah impression dari sebuah konten bisa bantu kamu menentukan jenis konten apa yang disukai oleh audiens. Rumus menghitung berapa banyak impression posting-an dalam engagement rate adalah:

ER Impression= (Jumlah engagement dalam satu posting-an:Jumlah impression)x100%

4. Daily ER

Rate dari engagement sebuah konten juga bisa kamu ukur secara harian. Perhitungan ini akan bantu kamu mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang bagaimana para followers berinteraksi setiap hari.

Rumus mengukur Daily ER adalah sebagai berikut:

Daily ER= (Jumlah engagement posting-an dalam satu hari:Jumlah followers)x100%

5. ER Views

Saat ini, konten dalam bentuk video memang lebih mudah viral dan menjangkau banyak audiens. Selain TikTok, platform media sosial lainnya seperti Instagram pun juga memberikan kesempatan bagi para konten kreator untuk mengunggah video terbaik dalam bentuk Reels.

Jika kamu juga suka membuat konten dalam bentuk video, kamu bisa menghitung engagement rate berdasarkan jumlah views atau penonton yang melihat video milikmu. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti rumus berikut:

ER Views= (Jumlah engagement dalam posting-an video:Jumlah views video)x100%

6. Menghitung ER Instagram Keseluruhan

Tidak hanya satu per satu, kamu juga bisa menghitung ER pada platform Instagram secara keseluruhan, lho. Tentu saja cara ini lebih mudah dan hemat waktu. Buat kamu yang ingin menghitung jumlah persentase ER Instagram secara keseluruhan, berikut rumus yang harus kamu ikuti:

ER Instagram: ((Jumlah komentar+likes):Jumlah followers))x100%

7. Menghitung ER TikTok Keseluruhan

TikTok mengikuti kesuksesan Instagram sebagai platform media sosial yang populer di Indonesia saat ini. Meski hanya memiliki fitur berupa video, platform media sosial dari Tiongkok ini cepat viral dan konten-kontennya akan menjadi tren di kalangan masyarakat, khususnya anak muda.

Jika kamu juga aktif menggunakan TikTok, kamu bisa menghitung jumlah persentase ER TikTok secara keseluruhan menggunakan rumus berikut ini:

ER TikTok= ((Jumlah komentar+likes+share):Jumlah followers))x100%

Sudah Tahu Bagaimana Cara Menghitung ER yang Benar?

Nah, itulah informasi seputar engagement rate beserta cara menghitungnya yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Cara-cara di atas merupakan cara manual yang berpatokan pada rumus ER. Yuk, hitung ER di setiap unggahan media sosial milikmu dengan mengikuti rumus engagement rate di atas!