Tambah View Instagram dengan 8 Cara Sesuai Algoritma 2022

3 min read

Tambah View Instagram dengan 8 Cara Sesuai Algoritma 2022

Tambah view Instagram bisa dilakukan dengan banyak cara. Akan tetapi, update algoritma Instagram tentunya mempengaruhi efektivitas metode. Oleh karena itu, sebelum mencoba suatu metode, kamu harus memastikan bahwa metode tersebut relevan dengan algoritma saat ini. Contohnya seperti 8 metode di bawah ini.

8 Langkah untuk Tambah View Instagram

Cara menambah view Instagram semestinya mengutamakan metode organik yang berfokus pada kualitas konten. Tidak hanya itu, interaksi dan ikatan dengan pelanggan juga turut mempengaruhi jumlah view. Beberapa metode di bawah ini adalah rangkuman teknis terbaik untuk Social Media Marketing (SMM) Instagram:

1. Buat Jadwal Post

Cara tambah view Instagram yang pertama adalah dengan menjadwalkan post. Dalam content plan, kamu harus menentukan pada hari apa dan jam berapa akan post konten. Menentukan jadwal post pun harus mempertimbangkan kebiasaan followers kamu.

Data dari Tailwind membuktikan bahwa akun dengan intensitas lebih dari 7 post per minggu mendapatkan likes hingga 13 kali lebih banyak. Selain intensitas, waktu post pun juga turut mempengaruhi performa. Pastikan bahwa kamu post pada jam dimana mayoritas followers kamu sedang aktif di sosial media.

2. Perbanyak Konten Video

Cara tambah view Instagram yang kedua adalah dengan memperbanyak konten video. Faktanya, video mendapatkan interaksi hingga 49% lebih banyak dibandingkan dengan foto. Angka ini merupakan indikasi nyata, bahwa pengguna lebih menyukai video daripada foto.

Sedangkan sebuah studi dari Wibbitz menunjukkan bahwa pengguna menyukai tipe konten video di bawah ini:

  • Tutorial
  • Behind the scene
  • Wawancara
  • Liputan berita
  • Inspirasi kreatif
  • Motivasi

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk memperbanyak post video dengan tema-tema di atas.

3. Buat Reels Setiap Hari

Cara tambah view Instagram yang ketiga adalah dengan membuat reels. Tren video pendek yang meledak sejak era TikTok kini menunjukkan potensinya di Instagram. Nyatanya, reels mampu meraih interaksi hingga 22% lebih banyak dibandingkan dengan video biasa. Jadi, membuat reels setiap hari adalah ide yang bagus.

Pembaruan terbaru Instagram memungkinkan kamu untuk membuat reels dengan durasi mencapai 90 detik. Durasi yang lebih panjang menjadikan ruang untuk berkreasi semakin luas. Tetapi di sisi lain, kamu juga harus tetap mengupayakan informasi ringkas sesuai ekspektasi pengguna terhadap reels.

4. Agendakan Live IG

Cara tambah view Instagram yang keempat adalah dengan IG Live. Setidaknya, ada 3 alasan mengapa kamu harus mencoba IG Live untuk pemasaran, yaitu:

  • Kamu berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan followers.
  • Akun kamu akan tampil di ujung kiri di tab stories, sehingga menjadi konten pertama yang pengguna lihat sebelum stories lainnya.
  • Akun kamu tampil dengan desain bingkai dan tulisan “LIVE” menonjol untuk lebih menarik perhatian pengguna.

Agar sukses memanfaatkan IG Live, ikuti 3 tips di bawah ini:

  • Buat jadwal IG Live dengan selang waktu beberapa hari untuk mempromosikannya terlebih dahulu.
  • Jadwalkan Live IG pada hari dan jam ketika followers mengakses sosial media.
  • Buat perencanaan konten, materi, desain, pencahayaan, dan aspek-aspek lainnya dengan matang.

5. Dorong User Generated Content

Cara tambah view Instagram yang kelima adalah dengan memanfaatkan User Generated Content (UGC). UGC adalah konten yang dibuat oleh konsumen dengan menampilkan brand atau produk kamu. Dari kacamata marketing, UGC sangat ampuh, karena kesan jujur, natural, dan otentik dibandingkan dengan iklan biasa.

Brian Peters, Digital Marketing Strategist Buffer berhasil meningkatkan followers dari 4.250 menjadi 21.000 (400%) hanya dalam waktu 1 tahun dengan UGC. Untuk mendapatkan UGC, kamu harus merangsang followers untuk membuat konten tentang brand kamu, lalu mengapresiasinya. Beberapa sumber UGC antara lain:

  • Konsumen, misalnya dengan konten unboxing produk.
  • Loyalis brand, misalnya dengan komparasi brand kamu versus kompetitor.
  • Karyawan, misalnya dengan menampilkan proses produksi.

6. Lemparkan Kuis, Kontes, dan Pertanyaan

Cara tambah view Instagram yang keenam adalah dengan membangun interaksi. Salah satu cara paling efektif untuk berinteraksi dengan followers adalah dengan menggunakan konten yang merangsang respon. Contohnya seperti konten kuis berhadiah, kontes, pertanyaan, atau giveaway.

Dibandingkan dengan konten informatif satu arah, konten-konten di atas bersifat dua arah dan lebih merangsang respon. Misalnya, kamu bisa membuat giveaway dimana peserta harus berkomentar dan tag beberapa teman mereka. Atau mengadakan kuis dengan sistem vote, sehingga keputusan pemenang ada di tangan followers.

7. Wawancara Influencer

Cara tambah view Instagram yang ketujuh adalah dengan mewawancarai tokoh terkenal. Misalnya dengan membuat acara podcast dengan mengundang public figure atau meminta influencer di bidangmu untuk membuat review. Metode ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen secara drastis.

Alasannya karena review dari influencer cenderung lebih meyakinkan, terutama jika influencer tersebut adalah spesialis di bidang Anda. Selain itu, seorang influencer bisa memiliki puluhan ribu followers yang berpotensi sebagai target konversi. Walaupun metode ini memerlukan biaya, tetapi imbal hasilnya juga menjanjikan.

8. Beli View Instagram

Cara tambah view Instagram yang terakhir adalah dengan beli view Instagram. Metode ini termasuk dalam cara instan untuk ‘menyuntikkan’ followers, view, bahkan komentar. Akan tetapi, jika Anda tertarik untuk menggunakan metode ini, pastikan bahwa Anda membeli view dari provider terpercaya.

Jasa SMM profesional akan memberikan hasil sesuai dengan yang Anda harapkan. Misalnya, jika Anda membeli 1.000 view, maka Anda benar-benar akan mendapatkan 1.000 view. Tidak hanya itu, Anda juga aman dari penalti, karena jasa SMM profesional sudah memahami rules Instagram dan tahu cara mengatasinya.

Sudah Siap untuk Tambah View Instagram?

Kita bisa menyimpulkan bahwa cara menaikkan view Instagram yang utama adalah melalui kualitas konten. Jika Anda memiliki budget lebih untuk pemasaran, Anda juga bisa memanfaatkan influencer atau menggunakan jasa SMM terpercaya. Tunggu apa lagi? Tambah view Instagram Anda sekarang!