9 Strategi Sosial Media Marketing Terbaik yang Paling Ampuh

3 min read

9 Strategi Sosial Media Marketing Terbaik yang Paling Ampuh

Strategi sosial media marketing menjadi hal yang penting, jika kamu ingin memaksimalkan iklan online untuk bisnis. Apalagi sosial media kini menjadi salah satu platform utama untuk melakukan promosi dan kampanye bisnis yang paling efektif.

Lantas, bagaimana strategi online marketing dengan sosial media yang terbukti ampuh dan mendapat feedback yang positif? Bagi kamu yang penasaran, simak penjelasannya dalam artikel ini, yuk!

9 Strategi Sosial Media Marketing Terbaik

Sebenarnya, ada banyak cara membangun kredibilitas dalam strategi sosial media marketing yang sangat cocok untuk kamu terapkan. Namun, tentunya tidak semua strategi cocok untuk berbagai industri bisnis, ya. Berikut ini adalah informasi singkat tentang 9 strategi sosial media marketing terbaik yang bisa kamu coba:

1. Menentukan Tujuan Sosial Media Marketing

Hal pertama yang sudah pasti harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan social media marketing terbaik untuk bisnismu. Sebab, banyak pebisnis yang kelupaan untuk menetapkan tujuan marketing di sosial media yang relevan dan realistis.

Akibatnya, engagement dan feedback yang diperoleh pun jadi tidak maksimal. Apalagi sekarang ini setiap platform sosial media memiliki karakteristiknya masing-masing. Makanya, kamu perlu menyesuaikan tujuan, strategi, dan juga konten pada tiap platform tersebut.

2. Menganalisis Kampanye Marketing Kompetitor

Strategi online marketing dengan sosial media selanjutnya adalah menganalisis kampanye marketing milik kompetitor. Dengan melakukan analisis, maka kamu bisa lebih memahami apa saja kelemahan dan kekuatan mereka.

Dari situlah kamu bisa menetapkan strategi yang sesuai, agar bisa memenuhi ekspektasi pelanggan potensial atau target pasar dan industri bisnis yang ditekuni.

3. Memahami Audiens

Salah satu faktor yang tak kalah penting dalam kampanye di sosial media adalah memahami audiens. Banyaknya pengguna di tiap platform sosial media tentunya membutuhkan strategi yang sesuai. Jadi, nantinya kamu bisa menjangkau target audiens secara lebih maksimal.

Jika kamu sudah berhasil menentukan audiens, selanjutnya jangan lupa untuk melakukan riset. Tujuannya adalah untuk memahami potensi dari produk dan/atau jasa yang kamu tawarkan.

Dengan mengidentifikasi audiens, kamu juga bisa merencanakan konten sesuai dengan preferensi mereka, lho. Nah, kamu dapat menentukan target audiens berdasarkan demografi, jenis kelamin, usia, ketertarikan, profesi, dan lainnya, ya.

4. Manfaatkan Fitur Live Video

Saat ini banyak sosial media yang menyediakan fitur live video yang bisa kamu manfaatkan sebagai wadah untuk melakukan promosi. Memang tak dapat dipungkiri, jika live video menjadi salah satu cara efektif untuk melakukan pemasaran serta promosi brand dan juga produk bisnismu.

Bahkan, kepopuleran live video yang kamu gunakan untuk promosi juga menjadi indikator penting terkait tingkat kesuksesan bisnis. Jadi, jangan heran jika sekarang ini mulai banyak brand bisnis dari berbagai industri yang gencar memanfaatkan fitur live video ini.

5. Membuat Konten yang Relevan

Pada dasarnya, dalam strategi sosial media marketing, kamu hanya perlu membuat konten yang relevan. Namun, bukan sekadar relevan saja, tetapi juga harus bisa memenuhi kebutuhan dan rasa penasaran followers.

Sayangnya, hal ini masih menjadi salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh pebisnis. Masih banyak dari mereka yang membagikan konten promosi secara berlebihan tanpa memperhatikan kebutuhan dan keinginan followers. Akibatnya, engagement di sosial media pun tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

Oleh karena itu, kamu bisa membuat konten yang menarik. Misalnya, konten yang informatif dan menghibur, tetapi juga diselipkan dengan materi promosi produk yang mampu membuat followers penasaran.

6. Berinteraksi dengan Followers

Interaksi dengan followers juga bisa menjadi salah satu strategi yang kamu terapkan. Bahkan, strategi ini menjadi poin penting yang akan berdampak positif bagi kesuksesan  bisnismu.

Kamu bisa membangun interaksi dengan audiens. Jadi, sosial media tidak hanya digunakan sebagai platform promosi. Namun, juga untuk membantu followers untuk mendapat informasi tentang produk bisnismu hingga menjawab pertanyaan maupun saran dari mereka.

Dengan menerapkan strategi ini, maka kamu dapat mengetahui apa saja yang menjadi keinginan followers. Menariknya, kamu akan mendapat banyak ide dan inspirasi konten serta feedback terhadap produk yang ditawarkan.

7. Menentukan Sosial Media yang Digunakan

Banyaknya pilihan sosial media yang ada sekarang ini membuat banyak pebisnis cenderung tidak fokus dan ingin melakukan promosi di semua platform. Padahal, sebenarnya kamu bisa menentukan sosial media yang ingin digunakan, lho.

Tentu saja pertimbangan dalam penentuan sosial media harus berdasarkan dengan target pasar atau audiens dari bisnis, ya. Hal ini karena setiap platform sosial media memiliki audiensnya masing-masing. Makanya, kamu perlu melakukan riset terkait kesesuaian sosial media yang akan digunakan dengan audiens bisnismu.

8. Menentukan Jenis Konten

Selanjutnya kamu juga perlu menentukan jenis konten seperti apa yang ingin kamu bagikan kepada audiensi. Jika kamu menggunakan lebih dari satu sosial media, tentunya ada beberapa jenis konten yang harus kamu buat.

Selain itu, sebaiknya kamu juga membuat konten sesuai dengan segmentasi dan kebutuhan audiens, ya. Dengan begitu, maka hasil kampanye di sosial media yang kamu lakukan bisa lebih maksimal.

9. Melakukan Evaluasi Rutin

Setiap strategi yang kamu buat tentunya harus kamu barengi dengan adanya evaluasi. Hal ini karena kesuksesan strategi sosial media marketing di setiap platform akan berbeda-beda.

Bisa jadi strategi A hanya cocok untuk platform sosial media tertentu saja. Artinya, kamu pun harus merumuskan strategi tambahan, agar bisa diimplementasikan pada platform lain.

Lewat proses evaluasi yang kamu lakukan secara rutin, kamu bisa mengetahui strategi mana yang cocok untuk kamu terapkan pada bisnismu. 

Siap Terapkan Strategi Sosial Media Marketing untuk Bisnismu?

Nah, itu dia 9 strategi sosial media marketing terbaik yang bisa coba kamu terapkan pada bisnismu. Semoga bermanfaat.