Cek Engagement Rate Instagram Kamu Menggunakan Cara Ini!

3 min read

Cek Engagement Rate Instagram Kamu dengan Cara Ini

Cek engagement rate Instagram ternyata sangat mudah. Nantinya, hasil dari perhitungan engagement rate tersebut menunjukkan seberapa menariknya konten atau posting-an yang kamu unggah di Instagram. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Standar Engagement Rate Instagram

Engagement rate atau ER merupakan matriks yang akan menunjukkan hasil perhitungan dari posting-an di media sosial, salah satunya Instagram. Engagement Instagram adalah bagian dari acuan untuk melakukan evaluasi konten.

Persentase ER di Instagram bisa mencapai 6%. Jika hasil cek engagement rate Instagram kamu menyentuh angka lebih dari 3%, artinya interaksi yang terjadi di akun milikmu sangat tinggi.

Berikut kategori standar ER di Instagram yang bisa kamu jadikan acuan untuk melihat hasil persentase ER Instagram milikmu:

  • Kurang dari 1% artinya ER sangat rendah.
  • 1%-3% artinya ER baik.
  • Persentase 3%-6% artinya ER tinggi.
  • Hasil persentase lebih dari 6% artinya ER Instagram sangat tinggi.

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram Secara Manual

Hasil perhitungan ER ini nantinya akan melibatkan jumlah likes, komentar, share, dan followers. Yuk, cek engagement rate Instagram milikmu dengan beberapa cara manual berikut ini!

1. Cara Menghitung Engagement Rate Reach

Reach merupakan istilah yang digunakan untuk mengetahui jumlah efektivitas dari konten yang sudah kamu posting di Instagram. Kesimpulannya, reach merupakan alat untuk melihat jumlah akun unik di setiap postingan Instagram.

Perhitungan ER menggunakan jumlah reach lebih akurat daripada perhitungan ER berdasarkan followers. Sebab, perhitungan reach berdasarkan audiens atau akun unik yang melihat konten kamu.

Nah, cara menghitung engagement rate Instagram menggunakan acuan jumlah reach bisa kamu lakukan dengan mengikuti rumus berikut ini:

ER Reach= (Total engagement per posting-an:Jumlah reach per posting-an)x100%

2. Cek Engagement Rate Instagram Berdasarkan Postingan

Kamu juga bisa menghitung ER Instagram menggunakan posting-an. Cara ini bisa kamu gunakan jika jumlah reach Instagram milikmu fluktuatif. Jadi, ER posting-an ini akan menggunakan jumlah followers dalam perhitungannya.

Berikut rumus menghitung ER berdasarkan posting-an Instagram yang bisa kamu lakukan:

ER Post= (Total engagement post:Jumlah followers)x100%

3. Menghitung ER by Impression

Berikutnya adalah impression. Ini merupakan alat pengukur tayangan konten dalam Instagram. Cek engagement rate Instagram menggunakan acuan impression bisa kamu lakukan dengan mengikuti panduan rumus berikut:

ER Impression= (Total engagement post:Jumlah impression)x100%

4. Engagement Rate Views

Jenis konten di Instagram terbagi menjadi dua, yaitu foto dan video. Nah, kamu bisa menghitung ER berdasarkan views khusus untuk konten video. Jumlah views video ini bisa bergabung dengan unique views.

Contoh, jumlah views konten video milikmu mencapai 800. Jumlah tersebut belum tentu menunjukkan bahwa ada sebanyak 800 akun yang melihat konten milikmu. Bisa saja jumlah views tersebut berasal dari 300 akun yang menonton berulang kali.

Berikut rumus menghitung ER berdasarkan views konten video di Instagram:

ER Views= (Total engagement pada video:Jumlah video views)x100%

5. Daily ER

Berikutnya adalah menghitung ER secara harian. Cara ini bertujuan untuk membantu kamu mendapatkan gambaran jumlah ER harian bukan hanya per posting-an saja. Untuk menghitung daily ER ini kamu bisa menggunakan rumus berikut:

Daily ER= (Total engagement per hari:Jumlah followers)x100%

4 Tools untuk Menghitung ER Instagram

Tidak hanya menggunakan cara manual, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai macam tools agar memudahkan kamu dalam menghitung persentase ER secara akurat. Berikut beberapa tools engagement rate Instagram yang bagus dan bisa kamu manfaatkan:

1. Phlanx

Tools pertama adalah Phlanx. Ini merupakan salah satu tools populer yang digunakan untuk cek engagement rate Instagram. Untuk menggunakan tools ini, kamu hanya perlu masuk ke dalam situs Phlanx, kemudian masukkan akun Instagram milikmu, lalu pilih enter.

Tidak hanya memberikan hasil perhitungan ER, tools ini juga akan menampilkan benchmark ER Instagram. Sehingga, informasi yang kamu dapatkan cukup lengkap.

2. Tanke

Kedua adalah Tanke. Tools ini populer sebagai agensi creative marketing yang membantu banyak brand untuk membuat konten-konten yang menarik dan sekaligus memilih influencer dalam menjalankan strategi marketing.

Tidak hanya itu, Tanke juga menghadirkan fitur untuk mengukur ER akun Instagram secara akurat. Sama seperti tools sebelumnya, kamu hanya perlu mengunjungi situs Tanke, kemudian memasukkan username Instagram, lalu klik Analyse.

3. Analisa.io

Tools cek engagement rate Instagram ketiga adalah Analisa.io. Tools ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan hasil perhitungannya juga akurat. Tidak hanya puas dengan fitur perhitungan ER Instagram, kamu juga bisa menikmati fitur report komprehensif.

Ketika jumlah persentase ER Instagram milikmu di bawah 3%, kamu bisa memanfaatkan fitur Analisa.io lainnya untuk bantu meningkatkan ER, mulai dari top posting-an, hashtag populer, bahkan demografis followers.

Terdapat beberapa paket pilihan untuk menggunakan tools ini, yaitu paket basic tanpa pungutan biaya, paket plus, paket premium, dan paket pro. Kamu bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan akun Instagram milikmu.

4. Inbeat

Terakhir adalah Inbeat. Dengan tools ER Instagram ini, kamu bisa melihat hasil perhitungan yang akurat dan mendapatkan banyak informasi mengenai akun Instagram milikmu.

Tidak hanya bekerja untuk cek engagement rate Instagram, tools ini juga akan bantu kamu meningkatkan ER sesuai dengan segmentasi audiens. Kamu bisa melihat hasil ER dari 12 posting-an terakhir di Instagram tanpa perlu repot-repot menghitungnya satu per satu.

Sudah Tahu Bagaimana Cek ER Instagram yang Mudah?

Demikianlah informasi lengkap mengenai cek engagement rate Instagram yang mudah lewat dua cara, yaitu cara manual dan lewat bantuan tools. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, cek ER Instagram kamu menggunakan beberapa cara mudah di atas!